Categories Alat Masak

Perbedaan Meat Chopper, Food Processor, Dan Blender

Meat chopper merupakan alat yang digunakan memotong, menggiling, dan mengolah bahan makanan berupa daging. Pada alat ini bagian bawahnya ada mata pisau tajam yang bisa mencacah daging menjadi halus. Sayangnya banyak orang yang belum bisa membedakan food chopper, food processor, dengan blender. Lantas apa perbedaannya? 

Perbedaan Chopper, Food Processor, dan Blender 

Bagi yang belum tahu, ketiga alat ini mempunyai kemiripan fungsi. Namun ternyata ketiganya tetap mempunyai perbedaan yang mencolok. Pada blender biasanya digunakan untuk menghaluskan dan mencampurkan makanan atau minuman. 

Bahan yang dihaluskan bentuknya akan halus, lunak, dan cenderung berair. Biasanya blender digunakan untuk menghaluskan dan mencampur bahan sayuran dan buah-buahan.

Menggunakan blender harus menambahkan air hangat atau dingin agar makanan bisa halus dengan sempurna. Tanpa adanya air, maka blender akan mudah rusak. 

Sedangkan untuk food processor lebih lengkap fiturnya daripada blender. Fitur yang tersedia adalah alat untuk mengiris, memotong, merajang, menggiling, hingga mencampurkan makanan. Alat ini dapat menjadi inovasi paling baru. Bahkan sekarang ada juga food processor yang fungsinya mengulen adonan meski hasilnya tidak sebagus mixer. 

Sedangkan untuk chopper ini banyak digunakan untuk alat yang hampir mirip dengan food processor. Fungsi utamanya bisa memotong, mencampurkan bahan-bahan makanan, menggiling, serta menghaluskan makanan. 

Pada food chopper biasanya menggunakan 3 perlengkapan, yakni mata pisau, chopper elektrik, dan wadahnya. Namun, untuk inovasi paling baru ada juga food chopper dengan multi pisau yang bisa menghaluskan makanan dengan sangat baik. Bahkan ada produk food chopper yang dapat digunakan untuk mengaduk adonan kue. 

Rekomendasi Meat Chopper Terbaik

Ada beberapa rekomendasi chopper terbaik yang cocok untuk Anda miliki, yakni: 

  1. Mitochiba CH200

Alat ini harganya sekitar Rp700 ribuan. Kapasitas besar bisa mencapai 2 liter untuk jar dan 700 ml bagian choppernya. Mitochiba CH200 bisa untuk menggiling hingga menghaluskan berbagai bahan makanan dalam jumlah banyak. 

  1. Oxone OX201 

Alat ini harganya mencapai Rp600 ribuan. Chopper ini bisa menghaluskan bumbu dengan kapasitas hingga 500 ml. Konsumsi listriknya sekitar 400 watt dan sangat tangguh serta kuat. 

  1. Maspion MFC-120GL 

Harga alat ini sekitar Rp400 ribuan. Chopper ini dapat dijadikan alat menghaluskan makanan dengan kapasitas mencapai 1,2 liter. Bahan pembuatannya tebal dari stainless steel dengan 4 bilah pisau tajam. 

Demikianlah informasi tentang meat chopper, food processor, dan blender yang menarik untuk diketahui. Semoga membantu! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *