Categories Genset

3 Jenis Panel Menurut Harga Panel Sinkron Genset

Mendengar harga panel sinkron genset tentu ada beberapa orang masih kebingungan dengan keduanya, untuk apakah panel dan untuk apakah genset?

Genset dan harga panel sinkron genset terhubung dengan sebuah sinkronisasi yang pas sehingga ada sangkut pautan. Panel sendiri ternyata memiliki jenis yang berbeda karena menentukan tipe genset yang dipakai. 

Jenis Panel Genset

  1. Panel Genset Ats

ATS adalah singkatan dari Automatic Transfer Switch yakni sebuah rangkaian yang berguna untuk saklar atau pemutus hubungan listrik dari genset ke system utama. Panel ini akan bekerja secara otomatis ketika ada pemutusan listrik mendadak. Ketika aliran listrik PLN telah menyala maka panel akan langsung memutuskan aliran ke genset sesaat sebelum terjadi kontradiksi tegangan. 

  1. Panel Genset Amf

AMF adalah singkatan dari Automatic Main Failure yakni rangkaian pada panel yang tugasnya otomatis memutuskan dan menghubungkan listrik tanpa campur tangan manusia. Garis besarnya seperti ini ya, jika listrik PLN mati maka system panel akan otomatis menyalakan genset yang terhubung tanpa manusia turun tangan dan begitu juga sebaliknya. 

  1. Panel Genset Sinkron

Adalah panel yang bertugas untuk mensinkronkan 2 atau lebih genset dimana load tegangannya cukup besar. Contoh, jika load antara 400 – 1000 kVa akan lebih efektif irit jika memakai load 2 x 500 kVa dibandingkan 1 x 1000 kVa. Dengan adanya 2 panel maka pembagian listrik akan lebih mudah dan irit. Untuk itu Anda bisa memakai jenis panel ini. 

Dimana Saya Membeli Panel Genset?

Anda bisa membeli panel dan sekaligus gensetnya di distributor atau pabrik pembuatnya langsung dengan sistem pre order. Karena unit yang tersedia belum tentu dibutuhkan banyak perusahaan maka system pemesannya menunggu klien yang benar-benar serius. 

Penempatan panel genset tidak boleh di area yang mudah panas dan rawan banjir karena hal tersebut sangat membahayakan aliran listrik yang ada. Panel harus ditempatkan pada ruangan khusus kering dan suhu dingin agar tidak merangsang panas overload. 

Apakah Pembayaran Panel Genset Harus Tunai?

Harga panel sinkron genset tergantung dari distributornya dan ada beberapa toko yang menyediakan panel dan gensetnya dengan sistem pembayaran berjangka. Contoh, Anda membeli panel sinkron genset kondisi baru dengan harga Rp. 216 juta untuk 1 unit, awal pembayaran DP senilai Rp. 50 juta kemudian sisa kurangannya bisa dengan cicilan per bulan hingga selesai. Jadi, saat pembayaran panel Anda bisa perjelas lagi dengan surat kontrak pembelian dan garansi agar tidak terjadi selisih pendapat. 

Proses pengiriman panel dan gensetnya memakai kendaraan yang memadai dan aman dari lingkungan getaran hebat. Adapun pengemasan juga sangat selektif sekali, Anda bisa cek semua pembelian jarak jauh lewat admin harga panel sinkron genset web distributor yang bertugas dan video unboxingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *