Categories cat primer besi

Pahami Teknik Pengecatan Besi yang Tepat dengan Cat Primer Besi

Teknik pengecatan menggunakan cat primer besi adalah sebuah cara untuk melindungi permukaan besi dari karat serta kerusakan karena paparan sinar matahari. Sehingga diperlukan teknik khusus agar bisa membuat hasilnya lebih tahan lama. Sebab, teknik pengecatan yang salah bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan besi. Oleh sebab itu, pastikan Anda memahami teknik pengecatan menggunakan cat primer besi yang tepat.

Teknik Pengecatan Besi yang Tepat dengan Cat Primer Besi

Supaya hasilnya lebih tahan lama, berikut ini adalah beberapa teknik pengecatan menggunakan cat primer besi yang perlu Anda pahami, diantaranya yaitu:

  1. Siapkan Area yang Akan Dicat

Hal pertama yang harus Anda siapkan yaitu alat serta bahan pengecatan sampai area yang akan dicat. Apabila area yang akan dicat masih bisa dipindahkan dengan mudah, maka lebih baik pilih area outdoor untuk proses pengecatannya. Namun jika Anda ingin mengecat material lain seperti alat-alat berat atau pagar, maka pastikan Anda sudah melindungi tanah, lantai, dan area di sekitarnya menggunakan lapisan pelindung.

  1. Bersihkan Permukaan Besi

Bersihkan permukaan besi terlebih dulu sebelum dicat, mulai dari kotoran, minyak, ataupun karat yang bisa menghambat proses perekatan cat. Apabila sudah terlanjur, maka Anda dapat memakai sikat kawat, bahan kimia, dan juga mesin sandblasting. Namun jika karatnya terlampau sedikit, maka Anda bisa menggunakan amplas saja. Setelah bersih, periksa lagi apakah ada lubang pada permukaan besi. Jika ada lubang atau pori-pori, maka Anda harus mengaplikasikan bahan pengisi celah sebelum mengecatnya.

  1. Aplikasikan Cat Primer Besi

Setelah semua permukaan besi bersih, langkah berikutnya yaitu dengan mengaplikasikan cat primer besi. Jenis cat ini merupakan lapisan pertama yang berfungsi meningkatkan adhesi antara besi dan juga cat. Sehingga dapat melindungi permukaan besi dari karat. Teknik pengecatan tersebut juga bisa dipengaruhi oleh teknik aplikasinya. Sehingga untuk hasil yang baik, Anda dapat memakai brush, spray, ataupun roller, bergantung dari kondisi permukaan besinya.

Itulah beberapa teknik pengecatan menggunakan cat primer besi yang perlu Anda pahami. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *