Categories Amplop

Harga Cetak Undangan : Perbedaan Undangan Cetak dan Online

Zaman sekarang, kita bisa dengan mudah membuat undangan sesuai keinginan dan kebutuhan, baik itu undangan cetak maupun undangan online dengan harga cetak undangan yang bervariatif. Namun bagi Anda yang mungkin masih bingung dalam memilih menggunakan jenis undangan yang mana, maka tidak ada salahnya menyimak sejumlah perbedaannya di artikel berikut ini. 

Apa perbedaan antara undangan cetak dan online?

Sebelum ke pembahasan mengenai perbedaan antara undangan cetak dan online, sebaiknya Anda perlu mengenal lebih dulu mengenai pengertian dari kedua jenis undangan ini. Diketahui, undangan cetak merupakan jenis undangan tradisional yang biasanya dicetak di atas kertas dan biasanya diberi berbagai hiasan. Sedangkan untuk undangan online, merupakan jenis undangan dengan tampilan online dengan desain dan fitur yang beraneka ragam.

Bagi Anda yang ingin membuat undangan pernikahan, namun masih bingung dalam menentukan apakah akan menggunakan jenis undangan cetak atau online, maka bisa menyimak beberapa perbedaannya di bawah ini. 

  1. Bentuk undangan pernikahan

Perbedaan paling mendasar yang bisa Anda lihat dari undangan cetak dan online, yakni dari bentuk undangannya. Dimana untuk undangan cetak memiliki bentuk fisik yang bisa disimpan sebagai kenang – kenangan bagi para tamu undangan yang turut hadir. Sedangkan untuk undangan digital berbentuk virtual dan digital, yang mana undangan tersebut tidak bisa disimpan secara fisik dan bahkan tidak bisa diakses jika waktu aksesnya sudah habis.

  1. Harga pembuatan undangan

Selanjutnya, Anda juga dapat melihat perbedaan lain dari harga cetak undangan yang ditawarkan oleh pihak jasa layanan percetakan di pasaran. Anda disini perlu tahu, bahwa untuk pembuatan jenis undangan online biasanya terbilang jauh lebih mahal dibandingkan dengan jenis undangan cetak. Mahalnya harga jenis undangan online sendiri, biasanya tergantung dengan tampilan desain yang diinginkan oleh orang yang memesan jenis undangan tersebut. 

  1. Akses undangan

Akses undangan, juga menjadi salah satu faktor pembeda antara jenis undangan cetak dan juga undangan online. Yang mana dalam hal ini dikatakan, bahwa jenis undangan cetak dinilai lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan undangan online. Sebab ketika orang lain menerima undangan cetak, mereka bisa langsung membuka dan membacanya, sedangkan pada undangan online biasanya akan ada akses yang terganggu pada link yang dikirimkan. 

  1. Pengiriman pada tamu undangan

Adapun perbedaan lain dari undangan cetak dan online, yakni dari segi pengiriman pada tamu undangan. Pada jenis undangan cetak, biasanya pengiriman undangan harus dikirimkan langsung ke tamu undangan yang akan diundang dalam acara tersebut. Hal ini jauh berbeda dengan jenis undangan online, yang mana pengirimannya bisa dilakukan secara online melalui grup chat ataupun di media sosial. 

Demikianlah tadi informasi penting seputar beberapa perbedaan antara undangan cetak dan undangan online dengan harga cetak undangan yang bervariatif, yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan dalam pemilihannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *