Categories Genteng Metal

4 Tanda Kerusakan Akibat Salah Memilih Ukuran Genteng Metal Pasir

Meski penting, beberapa orang rupanya masih mengabaikan ukuran genteng metal pasir untuk kebutuhan bangunan. Akibatnya pun kadang baru terasa saat kerusakan sudah terlanjur parah dan memerlukan penggantian secara menyeluruh. Namun, Anda masih bisa mencegahnya dengan mengetahui tanda-tanda masalahnya sejak dini.

Tanda-tanda kerusakan pada genteng

Genteng metal pasir yang tersedia di pasaran umumnya terbuat dari logam atau metal sebagai material utama. Ketika dipegang, permukaannya cenderung kasar seperti pasir yang menjadikannya pembeda dengan jenis genteng lain. Ada pula yang memakai lapisan ekstra berupa alumunium zinc yang mencegahnya mengalami kerusakan.

Bobot ringan dan pemasangan yang mudah adalah kelebihan-kelebihan lain yang ditawarkan genteng metal pasir. Faktor ini pula yang kadang membuat orang-orang mengabaikan perawatan yang mempercepat munculnya masalah.

Untuk itu, jangan sepelekan tahap seperti riset kualitas, material utama, dan ukuran genteng metal pasir. Selain itu, Anda bisa mengenali tanda-tanda awal kerusakan yang dapat diperbaiki seperti:

  1. Korosi pada coating

Coating yang berfungsi sebagai pelindung cat berpotensi mengalami kerusakan akibat munculnya karat atau korosi. Faktornya pun beragam, dari goresan benda atau cakaran hewan, paparan cairan bahan kimia tertentu, hingga genangan air dari hujan dalam jangka waktu tertentu.

  1. Genteng sering bocor

Genteng bocor bukanlah masalah yang sebaiknya dipandang sebelah mata walau belum terlalu parah. Justru Anda harus mengambil tindakan sebelum masalahnya merembet ke area lain. Cek genteng mana yang perlu diganti sambil memeriksa bagian lainnya.

  1. Kerusakan pada bentuk

Salah satu alasan yang membuat pengukuran genteng penting adalah mencegah kerusakan yang diakibatkan perubahan bentuk. Sebagai contoh, genteng yang menahan beban di luar kapasitasnya akan lebih mudah penyok dan retak.

  1. Dol pada lubang sekrup

Sekrup digunakan untuk mengencangkan dan menutup genteng pada tahap pemasangan. Namun, kurangnya pemeliharaan akan membuat bagian tersebut membesar dan menyebabkan lubang yang berujung pada dol pada sekrup.

Mudah-mudahan informasi ini membantu Anda menyadari pentingnya menyiapkan ukuran genteng metal pasir sebelum pemasangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *