Categories Percetakan

Serbaguna, Ini 6 Media Yang Bisa Dicetak Printing Uv Flatbed

Bisnis percetakan memang mendatangkan keuntungan yang menggiurkan dan termasuk jenis bisnis yang tak dimakan oleh zaman. Tentu di dalamnya membutuhkan sejumlah perangkat canggih seperti printing UV Flatbed. Alat cetak satu ini menghadirkan proses percetakan yang jauh lebih canggih, cepat, dengan kualitas semakin baik dibandingkan alat sejenisnya. Mari cari tahu seputar perangkat tersebut di bawah ini.

Apa Itu UV Flatbed Printing?

UV flatbed printing merupakan alat cetak digital dengan cara kerja langsung mencetak pada material cetak yang anda gunakan dalam jumlah banyak di satu waktu, berbeda dari metode cetak konvensional yang mungkin bisa memakan biaya lebih atau detailnya yang sulit.

Sebuah objek akan diletakkan pada alas datar dan tintanya langsung disapukan pada permukaannya menggunakan bantuan sinar UV. Printer satu ini mampu mencetak berbagai ukuran dan bentuk, tipe material mulai dari kayu, gelas kaca, plastik, hingga alat elektronik sekalipun.

Poin plus dari mesin cetak digital ini yakni anda bisa mencetak banyak sekaligus, meski masing-masing objek, desain, atau ukurannya tidak sama.

Apa Saja yang Dapat Dicetak?

Sebelum kehadiran printer digital ini, mencetak berbagai benda secara kustom cukup dihindari sebab tarifnya lebih mahal, juga memakan waktu walau hasil cetakannya sangat baik akan tetapi butuh produksi skala besar untuk hasil yang maksimal dan selaras. Sebaliknya, printer digital berbasis UV ini bekerja sangat cepat dan mudah dipersonalisasi.

Lantas, apa saja barang yang bisa dicetak?

  1. Kemasan dan kertas

Tinta yang digunakan pada printer UV sekarang sanggup menghasilkan desain lebih ciamik pada kemasan kertas, kardus dengan waktu singkat, warna tajam dan detail.

  1. Kaca

Permukaan halus, non-poros, dan reflektif adalah tantangan berat ketika mencetak sebuah desain pada kaca, terlebih jika menginginkan hasil yang proporsi. Namun, kini hal tersebut mudah diraih berkat bantuan printer UV flatbed bahkan dengan tambahan tekstur.

  1. Plastik

Tinta UV untuk mencetak pada material plastik kompatibel dengan berbagai tipe plastik, mulai dari PVC, akrilik, polypropylene, dan polycarbonate yang biasa dimanfaatkan untuk membuat papan tanda, sarung ponsel, dan lainnya.

  1. Besi

Produk industri seperti papan penanda standarnya harus memiliki gambar, warna, dan tulisan yang tercetak jelas. Printing UV flatbed juga mampu melakukan tugas tersebut terlepas dari beragamnya tekstur besi yang digunakan.

  1. Kayu

Kayu biasanya digunakan sebagai kanvas karya untuk dekor rumah, furniture, dan kebutuhan desain lainnya yang bisa dipercantik melalui cetak UV, namun tekstur natural khas kayu tidak akan rusak.

  1. Kulit

Printing UV Flatbed juga dapat diaplikasikan pada material kulit yang lebih ekonomis, serbaguna, cantik, dan cepat untuk kebutuhan produksi sepatu, tas, dompet, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *