Categories Mesin Es

Ragam Jenis Ice Machine Dalam Dunia Kuliner

Es batu merupakan bagian penting dalam bisnis makanan dan minuman. Es batu selain untuk mendinginkan cairan juga mempunyai kegunaan lain seperti untuk menyimpan ikan dan daging. Bahkan di dunia medis pun juga membutuhkan es batu.

Maka dari itu, diperlukan ice machine atau mesin es yang mampu memenuhi kebutuhan di setiap bidangnya untuk membuat es batu secara efisien sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa ice machine yang umum digunakan di industri Indonesia.

Aneka Ice Machine

Mesin es yang digunakan dalam bisnis makanan dan minuman ada beberapa macamnya, antara lain mesin es balok, es tabung, dan masih banyak lagi dengan kegunaan yang berbeda-beda.

  1. Mesin Es Batu

Mesin es batu menghasilkan es berbentuk silinder dengan lubang di tengahnya. Mesin ini ideal untuk digunakan di pabrik minuman ringan, pub, dan toko serba ada yang membutuhkan es dalam jumlah sedang.

  1. Mesin Es Balok

Mesin ini menghasilkan es dalam bentuk balok atau potongan besar dengan berat yang bervariasi sehingga cocok digunakan pada usaha makanan dan minuman yang membutuhkan pasokan es dalam jumlah besar, seperti hotel, restoran, dan pabrik pengolahan makanan.

  1. Penghancur Es (serut)

Mesin ini memotong es batu menjadi serutan yang tipis dan lembut. Ice Cube/Tube Planner paling sering digunakan dalam bisnis makanan, seperti kafe, restoran, dan toko es krim.

Tak hanya itu, mesin es ini banyak digemari para pelaku usaha kuliner karena mampu menyerutt es dengan volume bervariasi dan memodifikasi tingkat ketebalannya untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Jadi, mesin ini akan memudahkan dalam membuat minuman segar atau makanan penutup dengan es serut sebagai bahan utamanya.

  1. Flake Ice Machine

Mesin es ini membuat es dalam bentuk serpihan atau lembaran tipis menyerupai salju. Es batu serpihan digunakan untuk pencairan di laboratorium medis, pendingin kimia, dan industri makanan laut.

  1. Mesin Es Kristal

Mesin es kristal menghasilkan es batu dalam bentuk kristal yang menarik dan tembus cahaya. Ini paling sering digunakan dalam bisnis makanan premium atau untuk acara-acara khusus yang menuntut penampilan istimewa.

  1. Mesin Es Peluru

Mesin es peluru membuat es batu berbentuk butiran mikroskopis menyerupai peluru. Es batu ini paling banyak dimanfaatkan dalam industri minuman berkarbonasi atau minuman beralkohol. Jadi, tak banyak orang yang bisa melihat jenis es yang satu ini.

Beberapa mesin es batu di atas adalah yang paling umum digunakan untuk bisnis makanan dan minuman, dan melayani berbagai keperluan. Mengetahui berbagai jenis mesin yang tersedia memungkinkan Anda memilih peralatan terbaik untuk keperluan Anda, memungkinkan bisnis Anda berkembang, mengirimkan barang unggulan, dan memuaskan pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *