Categories Kesehatan Gigi

3 Efek Samping Prosedur Pemutihan Gigi di Klinik Bleaching Gigi Terdekat

Dengan melakukan pemutihan gigi di klinik bleaching gigi terdekat, Anda bisa mengembalikan estetika gigi dan membuat gigi terlihat lebih cerah. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan penampilan yang jauh lebih percaya diri. Akan tetapi, ada harga bleaching gigi serta beberapa efek samping yang bisa Anda alami setelah melakukan prosedur pemutihan gigi.

Gigi Lebih Sensitif

Proses pemutihan gigi biasanya melibatkan gel pemutih yang dioleskan pada permukaan gigi. Nah, gel pemutih ini terlebih yang memiliki kadar konsentrasi tinggi justru bisa membuat gigi Anda menjadi lebih sensitif.

Perawatan pemutihan gigi sendiri biasanya dilakukan beberapa kali. Anda akan merasakan efek samping berupa gigi sensitif ini pada perawatan pertama maupun kedua. Untungnya, efek samping berupa gigi sensitif ini akan semakin berkurang sedikit demi sedikit seiring dengan berjalannya waktu.

Iritasi pada Gusi

Efek samping kedua yang bisa Anda rasakan saat melakukan prosedur pemutihan gigi di klinik bleaching gigi terdekat adalah iritasi gusi. Gusi Anda bisa mengalami iritasi jika gel pemutih dengan konsentrasi tinggi mengenai jaringan gusi selama prosedur bleaching berlangsung. Iritasi ini perlu lekas ditangani agar gusi tidak menjadi kemerahan dan meradang.

Merasakan iritasi pada gusi akibat proses bleaching gigi mungkin akan membuat Anda panik. Akan tetapi, iritasi gusi ini bukan efek samping yang permanen karena akan hilang dalam satu sampai tiga hari setelah perawatan. Tentu Anda perlu sigap memeriksakan diri ke dokter bila efek samping berlangsung lama atau bahkan semakin buruk.

Kerusakan Lapisan Enamel Gigi

Gel pemutih gigi yang digunakan dalam proses bleaching gigi biasanya mengandung karbamid peroksida. Zat tersebut bisa merusak lapisan paling luar gigi bernama enamel yang sebenarnya berfungsi untuk melindungi gigi dari kerusakan.

Namun, perlu diingat bahwa kerusakan tersebut bisa terjadi jika gel pemutih gigi mengandung zat tersebut dengan konsentrasi tinggi. Gel pemutih gigi yang sering digunakan oleh dokter gigi hanya mengandung 10% karbamid peroksida yang terbilang aman digunakan untuk bleaching gigi tanpa efek samping berupa kerusakan enamel yang berlebihan.

Karena adanya potensi efek samping tersebut, sangat penting untuk berkonsultasi dan menyesuaikan harga bleaching gigi di klinik terdekat sebelum menjalankan proses pemutihan gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *