Categories Genset

Memahami Beda Prinsip Kerja Genset Otomatis Dan Genset Manual

Apakah prinsip kerja genset yang aktif otomatis saat mati lampu berbeda dengan genset manual? Banyak orang sepertinya tidak paham soal ini. Untuk jawab pertanyaan tersebut, mari bahas penjelasannya berikut ini!

Dasar Prinsip Kerja Genset

Sebelum melihat perbedaan cara kerja kedua jenis genset tersebut, Anda harus paham dulu bagaimana cara kerja genset secara umum. Pada dasarnya, genset bekerja dengan membakar bahan bakar untuk gerakan mesin.

Daya gerak mesin ini dapat menjadi energi mekanik. Untuk hasilkan listrik, genset akan mengambil energi gerak mekanik itu untuk memutar alternator. Dari sini, energi akan muncul dan dikeluarkan lewat regulator hingga menjadi listrik siap pakai.

Konsep perubahan energi dari bahan bakar menjadi listrik ini akan sama pada genset otomatis dan genset manual. Walaupun memiliki cara kerja berbeda, dasar kinerja genset ini masih akan sama.

Cara Kerja Genset Manual

Setelah tahu prinsip kerja genset yang dasar, sekarang waktunya bahas beda cara kerja genset otomatis dan manual. Untuk genset otomatis, aktivasi genset harus dilakukan secara manual. Mulai dari starter mesin genset dengan tombol, ataupun manual dengan tarik kabel.

Hal yang jelas, genset ini tidak akan aktif tanpa interaksi langsung Anda untuk menyalakannya. Biasanya genset manual ini lebih disukai untuk acara-acara luar rumah. Misal genset untuk sumber tenaga listrik tenda bazar malam.

Cara Kerja Genset Otomatis

Untuk genset yang berjalan otomatis, cara kerjanya berbeda dengan manual. Jenis genset ini akan aktif otomatis saat kondisi tertentu terpenuhi. Contoh genset yang menyala otomatis saat dipasang timer tiap pagi dan malam. Genset ini bekerja dengan sistem digital yang mampu berjalan sendiri sesuai program yang sudah ditentukan.

Umumnya, genset ini sering digunakan untuk kebutuhan darurat mati lampu juga. Jadi, kondisi yang harus terpenuhi adalah aliran listrik yang mati. Saat mendeteksi hal tersebut, genset otomatis ini akan menyala langsung. Tidak perlu interaksi dari orang lain untuk menyalakannya.

Sekian bahasan tentang apakah ada perbedaan prinsip kerja genset pada jenis yang otomatis dan manual. Semoga bahasan ini berguna bagi Anda sekalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *