Categories Pipa Besi

Kenalan Yuk Dengan Pipa Besi Sch 40

Pembelian pipa besi sch 40 ini biasanya sudah melalui proses pengecekan secara mendetail. Pipa ini memang dibutuhkan dalam dunia industri dengan ketebalan pipa besi sch 40. Bila Anda tertarik untuk membeli pipa ini, maka Anda harus mengetahui beberapa hal terkait pipa ini. 

Apa Itu Pipa Sch 40?

Sebelum membeli pipa besi sch 40, sebaiknya Anda berkenalan dulu dengan pipa jenis ini. ipa ini mempunyai fungsi utama sebagai penyalur fluida entah itu gas ataupun cairan. Sementara itu untuk sch adalah singkatan dari Schedule. Pemberian nama pipa sch 40 ini mengacu pada spesifikasi bahan ini. Sedangkan angka 40 ini merupakan nilai teknis. Bisa diartikan dalam kalimat sederhana bahwa schedule adalah ketebalan dari pipa itu sendiri. Angka 40 ini didapat dari perhitungan ketebalan dinding dan diameter pipa itu. 

Kegunaan Pipa Sch 40 

Ada beberapa kegunaan dari pipa sch 40 ini khususnya pada dunia industri. Pipa ini terdiri dari berbagai ketebalan dan ukuran diameter. Bahan pembuat pipa ini adalah besi silinder yang sangat baik untuk dunia konstruksi dan industri. Pipa ini memiliki berbagai kegunaan dalam dunia industri seperti untuk mengalirkan bahan bakar cair, bahan produksi, air bersih, ataupun cairan limbah. Tak hanya sebagai pengalir bahan cair, pipa ini seringkali digunakan sebagai pengatur tekanan bangunan yang baik. 

Jenis Pipa Sch 40 

Ada beberapa jenis pipa sch 40 yang harus diketahui sebelum Anda membelinya untuk konstruksi ataupun industri. 

  1. Pipa Besi Sch 40 Carbon Steel

Pipa ini memakai bahan besi sebagai pembuatnya. Besi tak mudah karatan dan tercampur dengan bahan lain. Campuran carbon steel ini membuat pipa ini lebih tahan lama dan memperkuat kualitas dari pipa ini sendiri. 

  1. Pipa Sch 40 Stainless Steel

Pilihan kedua adalah pipa sch 40 stainless steel. Pipa ini mempunyai keunggulan dibandingkan dengan pipa lainnya yaitu tampilannya elegan dan kuat melawan oksidasi. Adanya kandungan logam di dalam pipa ini membuatnya semakin kuat. Stainless steel ini mampu menjadi fitur anti karat sehingga aman digunakan dalam berbagai cuaca ekstrim. 

Fitur ini jauh lebih canggih dibandingkan jenis pipa sch lainnya. Tentu saja pipa sch 40 ini jauh lebih mahal dibandingkan pipa dengan bahan lainnya. Terlebih lagi, pipa stainless steel ini dijual tanpa adanya pengelasan sehingga lebih elegan dan ramah lingkungan. Pipa sch 40 ini juga jauh lebih tahan lama dan tahan terhadap korosi di berbagai suhu dan cuaca. 

Kedua pilihan pipa sch 40 ini adalah pilihan terbaik untuk dunia industri dan konstruksi. Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Jangan lupa pertimbangkan pemasok pipa terpercaya dan berkualitas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *