Categories Besi

Banyak Dipakai Dalam Konstruksi Bangunan, Besi Hollow Memiliki Sejumlah Keunggulan

Kini, pemakaian kayu untuk konstruksi rumah mulai dikurangi agar menjaga kelestarian lingkungan. Maka dari itu, pemakaian besi hollow semakin marak dalam konstruksi. Lalu bagaimana memilih tempat jual hollow yang baik?

Besi ini terbuat dari material yang punya keunggulan yang material kayu tidak memilikinya. Sehingga, kini banyak orang yang beralih untuk menggunakannya dibandingkan kayu. 

Besi satu ini berupa batangan besi dengan rongga pada bagian tengah. Bentuk rangka besi ada beragam, seperti kotak dan bulat.

Besi yang berbentuk kotak adalah yang lebih umum digunakan. Besi ini sendiri banyak dipakai untuk pembuatan railing tangga, plafon, kanopi, pagar, dinding partisi, dan juga furnitur. 

Keunggulan Besi Hollow

  • Mudah Dipasang

Rangka besi ini lebih mudah dipasang dibandingkan rangka kayu. Kemudahan tersebutlah yang membuat konstruksi memakai besi ini lebih cepat selesai. 

  • Awet

Besi yang dipakai pada rangka hollow sudah alami proses produksi yang sedemikian rupa sehingga bisa awet dan tahan lama. 

Beberapa jenis pipa kotaknya pun punya coating yang membuatnya tak mudah untuk berkarat.

  • Anti Rayap

Pembuatannya yang dari besi, maka Anda tak perlu khawatir material ini akan dimakan rayap dan menjadi rusak. Kelebihan ini yang membuatnya banyak dipilih untuk pembuatan rangka plafon, kanopi, dan pagar. 

  • Tak Mudah Terbakar

Material dari besi hollow pun tak mudah untuk terbakar. Dengan begitu, rumah yang memakai rangka besi yang berongga lebih aman dibandingkan yang mempunyai rangka kayu penuh. 

Walaupun banyak keunggulan, tapi besi ini tak direkomendasikan untuk dijadikan penyangga material berat. Pemakaian rangka ini perlu untuk Anda kalkulasikan dengan baik supaya bebannya sesuai. 

Selain banyak keunggulan, besi ini pun memiliki beragam ukuran. Jadi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsinya. 

Ukuran Besi Hollow

  • Hollow Ukuran 20 x 40 mm

Besi dengan ukuran 20 x 40 mm dan ketebalan minimum 1,2 mm, bisa Anda gunakan untuk buat kanopi atau rangka atap. Namun, karena berukuran kecil, pastikan jika kerapatan dari rangka ini sesuai beban atap.

  • Hollow Ukuran 40 x 40 mm

Hollow berukuran 40 x 40 mm dan juga tebal 1,6 mm, bisa dipakai untuk berbagai macam tujuan, seperti meja, kursi, pagar, dan kanopi. 

  • Hollow Ukuran 50 x 100 mm

Material besi berukuran 50 x 100 mm ini banyak dipakai untuk pembuatan kanopi. Jika Anda memilih hollow jenis galvanis dengan ukuran ini, maka pastikan jika ketebalannya minimum 1,6 mm. 

Pemilihan ukuran besi memang jadi langkah penting di dalam proses membangun. 

Banyak keunggulan dari besi hollow dan penggunaanya. Meski begitu, penggunaanya harus disesuaikan dengan kebutuhan, terlebih dalam hal ukuran besi. Nah, supaya tak terjadi kesalahan, Anda dapat menyerahkan penggunaan besi ini dalam konstruksi pada ahlinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *