Categories Genset

Kisaran Harga Generator Beragam Jenis

Generator set atau genset sangat diperlukan untuk memasok cadangan listrik pada saat pasokan listrik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) terkendala atau untuk suatu area yang memang belum tersambung aliran listrik PLN. Jenis genset pun bervariasi, begitu juga dengan merknya. Hal tersebut tentu saja sangat mempengaruhi harganya. Kini genset bisa dibeli secara online lewat berbagai marketplace. Bisa cek harganya secara online. Genset dinyatakan dalam ukuran kapasitas kilovolt ampere atau kVA. Kapasitas umum yang diperlukan dalam rumah tangga adalah sekitar 5 kva hingga 2500 kva. Sehingga kapasitas genset di sekitaran itu yang banyak tersedia di pasaran. Sebagai gambarannya berikut ini adalah kisaran harga generator tersebut.

Perkiraan Harga Aneka Jenis Genset

Berikut ini adalah beberapa jenis generator beserta perkiraan harganya.

Generator Diesel 

Generator berbahan bakar solar adalah yang paling banyak dijual. Tersedia mulai dari kapasitas kecil, sedang hingga besar dalam berbagai jenis dan merk. Tipe silent adalah yang sudah dilengkapi dengan cangkang atau rumah genset peredam suara. Sedangkan tipe open adalah yang tanpa dilengkapi dengan peredam suara, harganya lebih murah dan merupakan yang paling laris di pasaran. Genset diesel standby dalam kapasitas 10 kVA harganya sekitar 20 juta Rupiah.

Generator Bensin 

Harga generator berbahan bakar bensin tipe portable berukuran 1000 watt adalah sekitar Rp 2 juta Rupiah hingga 5 juta Rupiah. Tergantung merk dan tempat membelinya. Genset berbahan bakar bensin biasanya berukuran kecil hingga sedang dan dalam jenis portable. Jarang tersedia genset bensin dalam ukuran besar di pasaran.

Generator Tenaga Surya 

Genset ini memanfaatkan sinar matahari dalam kerjanya. Adapun kisaran harganya untuk genset tenaga surya berkapasitas 5 kW adalah sekitar 50 juta Rupiah hingga 100 juta Rupiah. Namun genset ini sangat jarang ditemukan di pasaran.

Generator Gas

Genset yang menggunakan bahan bakar gas bisa sangat efektif kerjanya. Namun agak sulit ditemukan di pasaran. Adapun kisaran harganya untuk yang berkapasitas 20 kVA adalah sekitar 40 juta Rupiah hingga 60 juta Rupiah.

Generator Angin 

Genset yang menggunakan tenaga angin ini biasanya dalam kapasitas kecil, dan termasuk sulit didapatkan di pasaran. Harga generator angin berkapasitas 1 kW adalah sekitar 20 juta Rupiah hingga 40 juta Rupiah

Harga Generator Set Kapasitas 1000 kVa

Genset dalam kapasitas 1000 kVa merupakan yang paling laris di pasaran. Hal ini karena kebanyakan bangunan rumah memerlukan genset dalam kapasitas tersebut guna berjaga-jaga ketika pasokan listrik dari PLN terputus oleh berbagai sebab. Bahan bakarnya jika tidak menggunakan solar maka menggunakan bensin. Harga generator set dalam kapasitas 1000 kVa tersebut di kisaran 3 jutaan Rupiah untuk suatu merk yang terkenal, yang sudah bisa diandalkan kualitasnya. Genset tersebut menggunakan bahan bakar solar. Selisih harganya untuk tipe genset open dengan genset silent untuk merk yang sama dan kapasitas yang sama pula, yaitu 1000 kVa, adalah berkisar 500 ribu Rupiah. Sedangkan untuk genset tipe portable selisih harganya bisa berkisar mulai dari 750 ribuan Rupiah.

Itulah gambaran harga beberapa jenis genset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *